Sabtu, 03 Mei 2014


Warta Bola | Portal Berita Terpercaya 

Rufous-fronted Laughingthrush
Garrulax rufifrons Lesson, 1831
Deskripsi
Berukuran besar (27 cm). Bulu coklat zaitun pada bagian atas dan coklat kuning pada bagian bawah. Dahi dan dagu merah, pipi keabu-abuan, tenggorokan coklat pucat. Seluruh tubuh kadang-kadang tersapu coklat karat.
Iris Jingga kekuningan, paruh hitam, kaki hijau kecoklatan.
Suara
Ringkian ribut : “hi-ti-ti-ti” dan “har-tu-tu-tu” diantara anggota kelompok. Burung di sangkar (peliharaan) :seri siulan panjang yan bernada sama.

Penyebaran dan ras
Endemik di Jawa barat dan Jawa Tengah, tercatat ke timur sampai Gn Slamet.
  • rufifrons Lesson, 1831 – Jawa bagian barat.
  • slamatensis Siebers, 1929 – Gn Slamet, di Jawa bagian tengah.
Tempat hidup dan Kebiasaan
Burung yang penyebarannya sangat terbatas, tetapi secara lokal tidak jarang ditemui di hutan pegunungan antara ketinggian 1000-2400 m. Terbang dalam kelompok kecil yang ribut pada lapisan bawah hutan primer pegunungan. Kadang-kadang mencari makan berupa serangga pada pohon yang lebih tinggi. Suka berbaur dengan jenis lain. Memakan serangga dan buah-buahan kecil. Biasanya dijumpai dalam kelompok yang ribut sampai 15 individu, kadang tergabung dalam bird waves. Musim berbiak Mei-Jun dan Sept. Sarang berbentuk mangkuk kecil, ditempatkan pada percabangan pohon yang dekat dengan permukaan tanah. Jumlah telur 2-3 butir setiap periode berbiak.
Status
Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT)
Perdagangan internasional : -
Perlindungan : UU No. 5/1990, PP No. 7/1999
Galeri
Foto Biodiversitas Indonesia

0 komentar: