Senin, 23 Desember 2013




Merbah Mata Merah | Cucak Mata Merah burung jenis satu ini merupakan salah satu endemik asli Indonesia yang tersebar hampir dataran rendah dan tinggi. Habitat asli Burung Merbah Mata Merah atau Cucak Mata Merah adalah kawasan perkebunan kopi, teh dan hutan dengan pepohonan yang tidak menjulang tinggi. Burung Merbah Mata Merah atau Burung Cucak Mata Merah juga merupakan jenis Burung Kicau.
Walau masih jarang menjadi pilihan jenis Burung Kicau untuk gantangan atau lomba Burung Merbah Mata Merah ini sangat memberikan banyak manfaat seperti untuk masteran Burung jenis lain seperti Burung Cucak atau Murai Batu. Makanan alami dari Burung Merbah Mata Merah ini kebanyakan biji - bijian, buah kopi, buah murbai dan masih banyak lainnya.

Suara Burung Merbah Mata Merah juga sangat khas dengan Burung lainnya. Nilai jual Burung Merbah Mata Merah juga terbilang tinggi dan sangat menjanjikan bagi penangkap burung di alam atau breder. Burung Merbah Mata Merah itu sendiri memiliki warna yang khas dengan dada putih serta didominasi oleh warna coklat gelap. Namun juga terdapat jenis lainnya dengan bulu dada kuning untuk jenis Burung Merbah Mata Merah.

Populasi Burung Merbah Mata Merah di Indonesia masih terjaga dengan baik untuk kawasan Sumatera, Jawa, Kalimantan dan beberapa kepualuan di wilayah Sumatera. Namun Burung Merbah Mata Merah ini tidak hidup di kawasan Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Maluku serta Papua.

Lihat Videonya
 

0 komentar: