Senin, 30 Desember 2013

 photo cucak-hijau-mini_zps0896ecfb.jpg 

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Burung Cucak Hijau - Burung Cucak Hijau | Cica Daun | Merbah Daun Besar
Burung Cucak Hijau merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki tingkat kecerdasan bagus. Sebab Burung yang namanya terkenal sebagai burung lomba itu mampu menirukan banyak sekali suara asli burung cucak jenis lainnya. Walau sebetulnya Burung Cucak Hijau bukanlak kerabat dekat dari Burung Cucak atau Burung Merbah.

Hanya penyebutan Cucak Hijau dengan kemiripan paruh dan kaki menjadikan Burung Cucak Hijau atau Cica Daun sering golongkan sebagai salah satu Burung Cucak. Menurut tenmpat hidupnya Burung Cucak Hijau tersebar dalam kawasan Benua Asia dengan kelebatan hutan hijau dan perkebunan dengan eksistensi ekosistem padat pohon. 

Indonsia sendiri memiliki beberapa jenis Cica Daun atau Burung Cucak Hijau. Seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Namun dari semua jenis Burung Cucak Hijau burung Cucak Hijau endemik pulau jawa yang sangat besar. Daerah asal Cucak Hijau terbesar hutan Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Jenis kedua yang ternama Burung Cucak Hijau dari Kalimantan.

Saat ini populasi Biurung Cucak Hijau atau Cica Daun sudah semakin menurun seiring tingginya nilai ekonomis Burung Cucak Hijau dan Cica Daun. Maka dari itu banyak sekarang kegiatan penangkaran Burung Cucak Hijau dari beberapa organisasi pecinta burung. 

Sementara itu Burung Cucak Hijau di Indonesia rata - rata merupakan Burung Cucak Hijau Besar. Namun Indonesia juga terdapat Burung Cucak Hijau kecil yang kebanyakan terdapat dari hutan hujan Jawa Tengah dan Bali.

0 komentar: