Senin, 23 Desember 2013

 photo cucakkebontrucukanjogjog_zpsb133ba69.jpg

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya 

Burung Merbah Trucukan | Burung Trucuk | Burung Cucak Kebon merupakan salah satu jenis Burung Kicau yang sangat di minati oleh banyak pecinta burung. Walau dari sisi warna penampilan dari Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan itu tidak sebagus jenis lainnya jangan tanyakan tentang kebolehan dari Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan ini.

Bahkan Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan ini merupakan salah satu burung yang acapkali mencapatkan sambutan positif tentang kebolehan menirukan suara burung jenis cucak lainnya atau burung berbeda kekerabatan. Dalam gantangan atau lomba kicau burung sering kali banyak di lombakan untuk jenis Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan ini. Pamornya memang sedikit di bawah Cucak Hijau atau Cucak Rawa.

Tapi banyak sekali peminat yang menjadikan Burung Cucak Kebon sebagai masteran burung sejenis dalam arti kekerabatan seperti Cucak Hijau atau Kucak Kuning. Nilai ekonomis tinggi juga menjadi daya pemikat untuk Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan tersebut. Nilai jual satu Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan itu bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Namun yang sangat sayangkan keberadaan alami habitat dari Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan ini mulai berkurang. Itu akibat banyak ulah penangkapan liar yang menggunakan senapan angin, pulut atau pikat bahkan sampai jeratan burung.

Itu sebabkan oleh nilai ekonomis tinggi dari Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan tersebut. Di kawasan tempat tinggal saya di Ponorogo saja kicau Burung Cucak Kebon atau Trucukan sejak tahun 2010 silam sudah mulai banyak yang berkurang. Bahkan sekarang kicau itu hanya dapat kita lihat kalau pasaran hewan saja seperti hari dalam kelender Jawa misal Legi atau Pon.

Selain itu keinginan warga masyarakat pecinta Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan semakin menggeliat saja. Itu tidak di imbangi dengan penangkaran dari warga sendiri. Memelihara Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan bukan masalah mudah hanya dengan rajin memberikan pakan seperti biji - bijian dan serangga misal ulat halus, kroto atau jangkrik juga merupakan pemakan buah misal pisang, mangga dan pepaya.

Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan memang masih banyak di kawasan hutan akan tetapi habitat penyebaran di sejumlah lingkungan kota yang alami semakin berkurang saja. Untuk itu sebagai pecinta Burung jugalah mau menangkarkan Burung Cucak Kebon atau Burung Merbah Trucukan.

0 komentar: