Senin, 23 Desember 2013




Burung Cucak Rawa | Cucak Rowo | Merbah Rowo burung ini merupakan salah satu jenis burung Cucak yang memiliki tubuh terbesar dari banyak jenis burung cucak. Habitat alami cari Burung Cucak Rowo memang seperti sebutannya yakni tanah berawa atau tanah gambut. Burung Cucak Rawa memang memiliki banyak sebutan dari berbagai daerah sesuai asalnya. Burung Cucak Rowo banyak terdapat hampir seluruh pulau jawa dan Sumatera. Tapi ada bebeapa jenis Burung Cucak Rowo yang terkenal seperti dari Medan Sumatera Utara, Aceh dan Riau.

Burung Cucak Rowo sendiri juga memiliki suara murni yang khas dan kekencangan suaranya bisa mencapai radius 1,5 km dalam habitat aslinya. Burung Cucak Rowo merupakan salah satu jenis burung gantangan atau kontes. Banyak kalangan menilai Burung Cucak Rowo merupakan Burung dengan nilai ekonomis tinggi seperti Kakak Tua atau Murai Batu.

Harga anakan dari Burung Cucak Rowo baik itu hasil breder sendiri atau dari alam sudah mencapai jutaan rupiah. Maka menjadikan Burung Cucak Rowo sebagai komoditas bagus untuk meraup keuntungan tersendiri bagi para pecintanya yang kian hari tidak semakin sepi justru semakin bertambah banyak saja. Walau banyak minat Burung Kicau lainnya selain Burung Cucak Rowo seperti Murai Batu atau Kenari yang lagi booming tetap saja pecinta Burung Cucak Rowo tidak lekang oleh waktu.

Burung Cucak Rowo ini termasuk burung cerdas dengan mampu menirukan suara burung lainnya baik itu dari jenis Burung Cucak atau bukan. Namun Burung Cucak Rowo memiliki tinggkat stres tinggi dan cenderung tidak mudah dalam perawatan. Untuk jenis pakan sendiri Burung Cucak Rowo masih sama dengan jenis Burung Cucak lainnya seperti buah (pepaya,pisang,mangga dll), serangga (jangkrik,laron,kroto,ulat halus).

Harapkan penangkapan liar dari Burung Cucak Rowo di hutan tidak terus marak sebab ini akan mengurangi jumlah populasi alami. Sebab Burung Cucak Rowo merupakan jenis Burung Cucak dengan proses perkembangan lambat. Hasilnya pemerintah menetapkan Burung Cucak Rowo sebagai salah satu burung yang wajib di lestarikan atau lindungi. 

Ini bukan hanya kewajiban pemerintah saja melainkan pecinta Burung Kicau terutama Burung Cucak Rowo itu sendiri. Sebab nilai jualnya harus seimbang dengan jumlah kesadaran dari penikmat suara merdunya.

Lihat Videonya


0 komentar: