Kamis, 09 Januari 2014


Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Burung Kacer atau Kucica Kampung  merupakan salah satu kekayaan fauna di Indonesia. Burung ini lebih di kenal sebagai salah satu keluarga dari Murai atau Turdidae pada awal tahun 1900-an silam. Namun menganjak abad milenium Burung Kucica Kampung atau Burung Kacer ini di golongkan dalam Burung Kicau jenis kecil atau Musiccadae. 

Burung Kacer sendiri di Indonesia tersebar hampir di seluruh kepulauan seperti Sumatera, Kalimantan, Bangka & Belitung, Jawa. Burung Kacer ini memiliki suara ciri khas yang sangat pecah atau nyaring bunyinya. Burung Kacer juga termasuk dalam golongan Burung Cerdas dengan mampu menirukan suara burung pengicau lainnya.

Saat ini jumlah populasi Burung Kacer atau Kucica Kampung sendiri masih terbilang aman meski banyak sekali pemburu liar di hutan pedalaman Pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Itu sebabkan oleh tingkat nilai ekonomis jual Burung Kacer itu sendiri. Sebab Burung Kacer termasuk dalam salah satu jenis Burung Lomba di Indonesia sendiri.

Burung Kacer terbagi menjadi dua di Indonesia yakni Burung Kacer dan Burung Kacer Poci. Burung Kacer memiliki warna dada sampai kebelakang hitam. Sementara Burung Kacer Poci memiliki bulu hitam di bagian atas di ikuti dengan bulu putih. Burung Kacer sendiri yang lebih memiliki suara nyaring biasanya berasal dari hutan Sumatera.

Burung Kacer ini memiliki besaran sedang (20 cm) sama seperti jenis Burung Cucak Kutilang atau Merbah Trucukan atau Burung Trucukan. Untuk membedakan jantan dan betina untuk Burung Kacer sebagai berikut :
Burung Kacer Jantan: Pada bagian seperti kepala, punggung serta dada berwarna hitam biru bersinar. 
Burung Kacer Betina: Pada bagian seperti kepala, punggung serta dada berwarna abu-abu buram sedikit hitam. 
Burung Kacer remaja atau biasa di sebut Burung Kacer Trotol sebagian ciri fisik mirip dengan Burung Kacer Betina tetapi berbintik-bintik. Ciri yang melengkapi Burung Kacer adalah Iris coklat; paruh hitam; kaki hitam.

 photo Kucica-kampung_Copsychus_saularis_DAP-212x300_zps4419b2bc.jpg
(Burung Kacer dari daerah Sumatera, Jawa barat, dan Kalimantan barat)

Ciri khas Burung Kacer dari daerah Sumatera, Jawa barat, dan Kalimantan barat: Kondisi sayap dan bulu tengah bagian ekor memiliki warna hitam, sementara bulu ekor bagian luar memiliki setrip yang melintang di penutup sayap putih, bentuk perut langsing dan tungging berwarna putih.

 photo 532607_10151020977217760_1567864772_n-300x113_zps92d409c1.jpg
(Ras Jawa timur, Kalimantan bagian utara dan timur)

Ras Jawa timur, Kalimantan bagian utara dan timur: nyaris sama dengan perbedaan perut besar mengkilat bulunya dan tungging hitam.

Kawasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat merupakan endemik jenis Burung Kacer jenis unggul. Tempat hidup sendiri Burung Kacer atau Kucica Kampung ini memang sangat dekat dengan kehidupan manusia dengan 1500 di atas permukaan laut. 

Perawatan Burung Kacer sendiri terbilang mudah dengan jenis makanan seperti buah, ulat dan serangga misal jangkrik atau belalang kecil. Burung Kacer Poci merupakan jenis termahal bandingkan Burung Kacer biasa. 

Berikut kita simak video Burung Kacer asli di Alam :


nb : Rawatlah Burung sebagaimana mestinya, jangan menangkap dengan jebakan pancing atau senapan angin, jadilah breder Burung Kacer untuk turut membantu program pemerintah sebagai penangkaran burung agar tidak punah, jelilah dalam membeli burung , ramaikan terus lomba gantangan burung nasional

0 komentar: