Selasa, 14 Januari 2014

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Burung Pleci Kacamata Hitam | Burung Togian Kacamata Hitam | Burung Pleci Dada Putih | Burung Pleci Mata Merah
Tampak depan dan samping memang Burung Pleci Kacamata Hitam sangat mirip dengan Burung Pleci Dahi Hitam Kacamata Putih. Namun jika di perhatikan dengan seksama itu memiliki perbedaan yang sangat besar. 
Burung Pleci Kacamata Hitam memiliki sirip sayap berwarna hitam dan bulu eror hitam serta Iris mata berwarna merah. Selain itu bulu tubuh Burung Pleci Kacamata Hitam lebih tajam di bandingkan Burung Pleci Dahi Hitam.

Suara
Untuk suara kiauan dari Burung Pleci Kacamata Hitam lebih nyaring dan mampu terisi beberapa isian kicauan dari burung kicau lainnya semisal Kenari atau Cucak Meong

Persebaran

Endemik atau hanya diketahui hidup di kepulauan Togian (Malenge, Talatakoh dan Batudaka), di Sulawesi tengah. Tidak teramati di Pulau Togian dan pulau Walea. Namun dalam setiap musim Burung Pleci Kacamata Hitam ini melakukan migrasi ke beberapa pulau seperti Sunda Besar dan Sunda Kecil (Jawa, Madura, Bali, Lombok dll)

Tempat hidup dan Kebiasaan
 
Burung Pleci Kacamata Hitam memiliki ciri khas seperti jenis lainnya yakni dengan hidup berkelompok, menghuni hutan bakau dan areal perkebunan di belakangnya dan kemungkinan hanya sampai ketinggian 50 mdpl. Selain itu Burung Pleci Kacamata Hitam mampu hidup di kawasan Hutan Peguungan dan Area Kota dengan tinggi 1300 - 1600 mdpl.
Status
Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT)
Perdagangan internasional : -
Perlindungan : -

nb :
Jenis ini baru dipublikasikan sebagai salah satu jenis burung yang ada di Indonesia pada tahun 2008. Hal ini membuat jenis ini belum dimasukkan dalam Daftar Jenis Burung Indonesia Nomor 2 yang dipublikasikan oleh Perhimpunan Ornitholog Indonesia.

Selain itu lestarikan Burung Pleci Kacamata Hitam yang mulai di gemari sebagai Burung Kicau serta di Lombakan di Gantangan Burung Nasional. Jangan menangkap Burung Pleci Kacamata Hitam dengan perangkap yang merusak ekosistem. Bantulah program pemerintah dengan sebagai penangkar Burung Pleci Kacamata Hitam.

0 komentar: