Sabtu, 03 Mei 2014


Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Black Laughingthrush
Garrulax lugubris (S. Müller, 1835)
Deskripsi
Berukuran besar (26 cm), berwarna coklat keabu-abuan gelap. Ras Sumatera dan Kalimantan terlihat berbeda. Ras Sumatera: paruh kuning-jingga dan bulu kehitaman. Ras Kalimantan dewasa: paruh merah, bulu lebih coklat, kepala kuning botak. Remaja: lebih buram dan mahkota berbulu seluruhnya.
Iris coklat. Kulit tanpa bulu di sekitar mata dan pipi berwarna biru (ras Sumatera) aau kekuningan (ras Kalimantan). Paruh jingga (ras Sumatera) atau merah (ras Kalimantan). Kaki kuning kecoklatan.

Suara
Seperti Poksai jambul. Teriakan berkotek sumbang untuk tanda bahaya dan suara panggilan beberapa nada yang keras, jelas, dan dempang “hup”, diikuti nada tertawa histeris. Juga nada ganda “hupup”.

Penyebaran dan ras
Semenanjung Malaysia, ujung selatan Thailand, dan Sumatera.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Burung penetap yang tidak jarang di hutan pegunungan pada kisaran ketinggian 600-1600 di Sumatera. Sedangkan di Kalimantan, terbatas hanya di daerah pegunungan di Kalimantan bagian utara. Tersebar dari Gn Kinabalu ke selatan sampai Usun Apau, Gn Dulit, dan Gn Mulu. Tidak umum menetap di hutan pegunungan antara ketinggian 1000-2000 m. Hidup dalam kelompok kecil, menyukai lantai bawah dan tengah hutan. 

Memakan serangga, laba-laba, dan kadang biji-bijian. Bergerak bersama dalam kelompok kecil yang berisik, lebih sering berada pada kanopi hutan yang lebat, jarang terbang dalam jarak yang jauh, lebih sering terlihat terbang melayang antar pohon yang berdekatan. Musim berbiak Oct-Apr. Sarang berbentuk mangkuk yang tebal tersusun dari serat tumbuhan dan dedaunan, biasanya ditempatkan pada percabangan pohon sekitar 2,5 m dari permukaan tanah. Jumlah telur biasanya 2 butir setiap periode berbiak.

Status
Daftar merah IUCN : Resiko rendah (LC)
Perdagangan internasional : -
Perlindungan : -

Galeri
Foto Biodiversitas Indonesia
Oriental Bird Image

Catatan
Ras Kalimantan G.l. calvus saat ini diperlakukan sebagai jenis yang berbeda dengan nama Bare-headed Laughingtrush, karena perbedaan pada kulit, warna bulu, tingkat kebotakan, dan ukuran paruhnya. Jenis ini belum dimasukkan sebagai jenis baru dalam Daftar Burung Indonesia II.

sumber : kutilang.or.id

0 komentar: