Rabu, 09 Juli 2014


Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

 
 Der Panzer melindas Brasil dengan skor 7-1 untuk satu tiket final (Foto: David Gray/REUTERS)
BELO HORIZONTE – Anti Klimaks! Itulah dua pasang kata yang menggambarkan Brasil, pasca digulung Der Panzer, Jerman melalui 7 buah gol. Sementara Selecao hanya mendapatkan satu gol hiburan yang dicetak oleh Oscar untuk membuat kedudukan menjadi 7-1.

Atas hasil ini, Brasil akan bertarung merebutkan tempat ketiga di hadapan publik sendiri dan akan menantang lawan yang kalah dari pertandingan antara Argentina dan Belanda yang baru dilangsungkan malam nanti atau Kamis dini hari (10/7/2014).

Babak Pertama

Tak diperkuat Neymar yang cedera, dan juga kapten tim, Thiago Silva yang terkena akumulasi kartu. Luiz Felipe Scolari menurunkan Bernard dan juga Dante yang tahu banyak mengenai permainan Jerman, karena bermain di Bayern Munich sebagai penggantinya.

Sementara dari Jerman, hanya Per Mertesacker yang tak bermain akibat flu dan digantikan oleh Jerome Boateng yang digeser ke tengah untuk berduet dengan Mats Hummels. Joachim Low juga menurunkan bomber gaek, Miroslav Klose di depan, sebagai penyerang tunggal.

Selecao, julukan Brasil memulai pertandingan dengan tempo tinggi. Bernard yang ditunjuk menggantikan Neymar, menunjukkan akselerasinya. Diiringi dengan pergerakan Hulk dan juga Oscar, namun bola masih dapat diamankan barisan bertahan Brasil

Thomas Muller! Ia mencetak gol kelimanya di Piala Dunia tahun ini di menit 10 dan mengejutkan publik tuan rumah. Memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos, Muller melakukan tendangan first time dan bola melewati Julio Cesar. 1-0 Jerman mencuri gol.

Pertandingan berjalan panas meski menit baru memasuki angka 17. Marcelo yang melakukan overlap, dihentikan Philipp Lahm dengan melakukan tekel yang bersih di dalam kotak penalti Jerman. Namun hanya sepak pojok yang dihasilkan, Marcelo yang tak terima keputusan wasit, terlihat bersitegang dengan pemain Jerman lainnya.

Miroslav Klose! Rekor Piala Dunia diciptakan olehnya melalui gol yang diciptakan di menit 22. Sempat ditepis Cesar, bola rebound kembali mengarah ke kakinya dan dengan mudah bomber Lazio ini menceploskan bola. Gol ke-16 Klose di Piala Dunia, melebihi Ronaldo (penyerang Brasil) dan gol kedua untuk Jerman, 2-0.

Tony Kroos pun tak kalah dalam pesta gol. Dalam hitungan menit, 24 dan 25. Gelandang Bayern Munich ini mencetak gol. Gol pertama diciptakannya memanfaatkan umpan crossing Philipp Lahm yang maju kedepan. First time dan kencang, bola ditendangnya.

Sementara untuk gol kedua, Kroos merebut bola dari kontrol pemain lawan dan melakukan umpan satu-dua dengan Sami Khedira. Tanpa ampun Kroos mencetak gol keempat Der Panzer, 4-0. Pertahanan Brasil seperti hanya menyaksikan pertandingan.

Sami Khedira pun tak mau ketinggalan dan ikut mencetak gol. Kali ini di menit 28, Mesut Ozil memberikan umpan kepadanya, yang tanpa ampun dieksekusinya dengan baik. 5-0 untuk Jerman sekaligus menutup babak pertama.

Babak Kedua

Di babak kedua, Jerman yang sudah unggul lima gol memperlambat tempo permainan dan melakukan serangan hanya dari serangan balik. Meski begitu, kesigapan Manuel Neuer patut diberi kredit khusus.

Kesigapan penjaga gawang Bayern Munich ini, membuat gawang Jerman tetap aman dari sepakan bertubi-tubi Oscar dan juga Paulinho di menit 55 ini. Skor pun tetap sama, 5-0 untuk keunggulan anak asuh Joachim Low.

Muller! Hampir saja dia menciptakan gol keenam untuk Jerman di menit 61. Berhadapan satu lawan satu dengan Cesar, ia tak mampu mengonversinya menjadi gol karena Cesar lebih cepat dalam mengamankan bola

Andrea Schurrle! Melengkapi penderitaan tuan rumah, ia ikut mencetak gol di menit 69. Masuk menggantikan Klose, pemain Chelsea ini tanpa ampun menyambar bola lebih cepat ketimbang Muller, hasil umpan Lahm. 6-0 Jerman berondong setengah lusin gol ke gawang Brasil.

Schurrle kembali mencetak gol! Ia langsung mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Kali ini ia menujukkan kemampuannya melalui aksi individu, mengontrol bola, Schurrle tanpa ampun menyepak bola kencang terarah ke gawang Brasil. Cesar pun tak dapat berbuat banyak. 7-0 Schurrle menambah penderitaan Brasil

Oscar akhirnya mampu menembus Manuel Neuer yang tampil dalam performa terbaiknya, tepat di penghujung laga. Memanfaatkan umpan lambung jauh ke depan, Oscar mengecoh bek Jerman, sebelum akhirnya mencetak gol penghibur. Skor pun berakhir dengan skor 7-1.

Susunan Pemain:


Jerman: Manuel Neuer, Benedikt Howedes, Mats Hummels (Per Mertesacker 46’), Jerome Boateng, Philipp Lahm, Sami Khedira (Julian Draxler 76’), Bastian Schweinsteiger, Mesut Ozil, Thomas Muller, Toni Kroos, Miroslav Klose (Andrea Schurrle 58’)

Brasil: Julio Cesar, Marcelo, David Luiz, Dante, Maicon, Luiz Gustavo, Fernandinho (Paulinho 46’), Bernard, Oscar, Hulk (Ramires 46’), Fred (Willian 70’) fmh

0 komentar: