Minggu, 14 September 2014

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Cucak Kutilang atau Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu-bulu di sekitar pantatnya yang berwarna jingga (Gr.: aurum emas, gaster perut).

burung yg satu ini benar2 kasihan nasipnya, semenjak ramia pemain kicau yg dilombakan..suara burung kutilang bagaikan hantu yg mengintai bagi pemilik burung2 lomba. yg mengenaskan...kutilang sering di tembaki duhhh burung yg sudah bisa adaptasi dilingkungan rumah kita..sayang klo dibikin punahh.
Padahal burung ini sangat indah dan merdu suaranya...dipagi hari dia sudah bersahutan suasana alami banget dehh klo disekitar rumah kita ada kutilang liar.

ane pernah pelihara burung in..suaranya ngk kalah seperti AK/AM/kacer, luar biasa dehh..asalkan perawatannya bener..dan berkelamin jantan. untuk yg betina juga bunyi ngerol namun tak sekeras jantan..dan biasanya yg ce monoton.selain memiliki suara yg merdu kutilang juga dikenal burung jinak dan mengerti, bahkan bisa dilepas dan mengikuti tuanya kemanapun pergi...
saking indahnya..burung kutilang pun di buatkan laguu..mungkin anda ingat akan lagunya...

0 komentar: