Rabu, 17 September 2014

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya



Petik Laut & Larung Sesaji Bumi

Kota Probolinggo dikenal sebagai kota “BAYUANGGA” karena terkenal dengan angin, mangga dan anggurnya. Kota Probolinggo juga kota tapal kuda / kota transit karena letaknya yang strategis, bagi para wisatawan yang akan menuju ke Gunung Bromo pasti lebih enak melalui Kota Probolinggo, serta kami juga mempunyai pelabuhan tanjung tembaga / PPI yang terletak di kelurahan mayangan, kelurahan tersebut berada di paling utara kota probolinggo yang berbatasan dengan selat madura yang jumlah penduduknya kurang lebih 12000 jiwa,mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

Petik laut adalah budaya para nelayan yang turun temurun dari leluhur mereka sebagai budaya daerah Mayangan, kegiatan ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada ALLAH SWT atas hasil yang mereka peroleh dari laut selama setahun. Dengan salah satu ritualnya adalah melarungkan perahu GETEK yang berisi sesajen ke tangah laut yang di iringi beberapa perahu dan kapal ikan yang di hias dengan bermacam macam hiasan yang menarik dan untuk penyelenggaraan prosesi Larung Sesaji Bumi, Petik Laut dan Perahu Hias yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Nopember 2012.

Prosesi sakral larung sesaji dimulai dari khataman Al Quran, pertunjukan kesenian wayang kulit, ruwatan sampai dengan acara selamatan. Di esok harinya, prosesi iring-iringan menuju ke Pantai Mangunharjo (PPI) untuk melarungkan bahan makanan, kepala sapi, serta hasil pertanian lainnya melalui kapal yang didesain khusus. Dengan diiringan tarian kesenian khas Kota Probolinggo, Jaran Bodhag dan kirab pusaka, prosesi Larung Sesaji menjadi lebih khitmat. Prosesi Larung Sesaji turut serta diikuti dengan prosesi Petik Laut dan lomba perahu hias. Hal ini tidak lain adalah untuk meningkatkan gairah kesenian dan kebudayaan dalam memajukan potensi wisata di daerah

0 komentar: