Rabu, 27 Agustus 2014

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya


Burung hantu memutar kepala
Memutar kepala mungkin hal mengerikan dan membahayakan. Namun semua itu tidak berlaku untuk burung hantu.

Burung  yang merupakan anggota ordo Strigiformes ini  dikenal bisa memutar kepalanya hingga 180 derajat tanpa mengalami cedera.
Seperti yang dilansir oleh The Telegraph (4/2), Para peneliti  Dr Philippe Gailloud dari Johns Hopkins University School of Medicine, telah menemukan penyebab  burung hantu bisa memutar kepalanya. Menurut team peneliti, ada bagian unik di struktur tulang dan sistem peredaran darah yang berkembang di kepala mereka yang besar itu.
Dalam jurnal berjudul Science, di ungkapkan fakta bahwa burung hantu memiliki pembulu darah yang bisa membesar saat memutar kepala. Akibatnya ada peningkatan aliran darah ke kepala mereka. Sehingga, kepala burung hantu tidak akan kehilangan pasokan darah walaupun diputar 180 derajat.
Selain itu, burung hantu juga ditemukan mempunyai rongga leher yang besar sehingga memungkinkan bagi pembuluh darahnya untuk berkembang. Jadi, meskipun kepalanya diputar, masih ada kesempatan bagi darah agar tetap mengalir ke kepala mereka.
Para peneliti akhirnya bisa menyimpulkan tindakan apa saja yang bisa dilakukan saat manusia mengalami cedera akibat kepala yang diputar seperti burung hantu.

0 komentar: