Senin, 25 Agustus 2014

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya



Yorkshire Lokal Usia 7 BulanKenari yorkshire (YS) merupakan burung penyanyi yang mempunyai badan tegak dan ideal. Bahkan di Inggris negara asal yorkshire burung ini diandalkan untuk body kontes. Sementara, selama ini YS di Indonesia kita tahu hanya dijadikan indukan bagi para peternak kenari.

Namun di tangan Bang Boy, burung kenari berpostur besar ini mulai diikutsertakan dalam lomba berkicau dan mampu meraih juara. Karena itu, setelah berhasil mengangkat burung jenis kenari,Bang Boy kembali membuka Kelas Yorkshire kenari besar di lomba BnR.
Pada umumnya kriteria penilaian burung kenari berpedoman pada;

  1. Irama lagu
  2. Volume
  3. Gaya/fisik
  4. Durasi Kestabilan
Namun pada penilaian kenari YS berbeda, tidak seperti penilaian kenari pada umumnya. Melainkan ada pakem-pakem yang menjadi kunci penilaian tersendiri. Pakem penilaian kenari YS ini diurutkan menjadi;
  1. Irama Lagu
  2. Volume
  3. Durasi
  4. Fisik/gaya
  5. Postur tubuh
Menurut H Dodot dari BnR, Irama lagu pada YS ini berbeda dengan kenari umumnya. Dia harus bagus dan banyak suara-suara tekukkan seperti cekier..cekier..cekier.. Sementara menurut Bang Boy, irama lagu isian/standar bisa digabung, “Karena ada kenari YS lokal yang dilatih isian, itu diizinkan juga untuk ikut serta. Digabung dengan yang import, irama lagu harus panjang-panjang, tidak boleh patah-patah,” jelas Bang Boy.
Untuk volume harus keras (besar), bersih (jernih), dan kristal tajam. Sementara untuk durasi kenari umumnya harus gacor dalam membawakan nyanyian kerjanya dari awal hingga akhir dengan durasi kerja di atas 80%. Sementara untuk pakem YS durasi kerjanya hanya diambil 60 – 70%.
Fisik harus sempurna, dengan bulu mulus (tidak kusam) tidak cacat mata, sayap, ataupun ekornya. Dan untuk gaya, kenari yang bagus suaranya harus ngedur, sambil duduk manis di atas tangkringan (tidak turun ke bawah sangkar) dan tidak nabrak-nabrak sangkar.
Dan untuk fisik/postur tubuh YS diambil 30%. “Fisik yang baik contohnya world champion yorkshire di Google, terutama untuk postur big size. Sementara untuk warna bebas, tidak menentukan nilai,” ujar Bang Boy.
Dalam hal ini peserta/pemilik burung menurutnya bisa masuk ke dalam lapangan, asalkan tidak mengganggu jalannya lomba, “Begitu mengganggu jalannya lomba, langsung didiskualifikasi,” kata Bang Boy tegas. (Evan)
(Evan)

0 komentar: