Senin, 11 November 2013


Cucak Biru
(Burung Cucak Biru)

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Burung Cucak adalah sejenis burung pengicau yang merupakan keturunan  dari suku Pycnonotidae yang merupakan burung pemakan biji - bijian dan serangga. Burung Cucak memiliki banyak varian yang sangat banyak lebih dari 20 jenis terdapat bumi Indonesia ini.

Burung Cucak juga dikenal umum sebagai cangkurawah (Sunda), dan barau-barau (Melayu). Dalam bahasa Inggris disebut Straw-headed Bulbul, mengacu pada warna kepalanya yang kuning-jerami pucat. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus zeylanicus (Gmelin, 1789).

Burung Cucak memiliki ukuran kecil , sedang hingga besar. Namun dari jenis ini yang sangat besar adalah Cucak Rowo dengan  panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 28 cm.

Burung Cucak memiliki Mahkota (sisi atas kepala) dan penutup telinga berwarna jingga- atau kuning-jerami pucat, ada juga berwarna hijau, biru, hijau lumut atau klawu. Burung Cucak sendiri tersebar hampir wilayah Indonesia membentang dari semenanjung malaya atau malaysia, pulau sumatera, pulau jawa, pulau bali, lombok, pulau kalimantan dan beberapa hutan konservasi seperti maluku serta papua.

Berikut Bebera Jenis Burung Cucak




Cucak Ijo

(Burung Cucak Hijau)

Cucak Kebon

(Burung Cucak Kebon)

Cucak Kelabu

(Burung Cucak Kelawu atau Silver)

Cucak Keling


(Burung Cucak Keling)

Cucak Kembang

(Burung Cucak Kembang atau Colibri)


0 komentar: