Sabtu, 05 Oktober 2013

 Image Upload

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Kondisi mengkhawatirkan terjadi dengan Gunung Tangkuban Parahu yang membentang sepanjang Kabupaten Subang hingga Kabupaten Bandung Barat. Sebelumnya Gunung Tangkuban Parahu sempat meletus beberapa waktu lalu dengan frekuensi normal. Tapi sepekan terakhir tempat yang menjadi sumber wisatawan bagi Jawa Barat itu kembali munculkan kondisi dengan banyak keluarkan letusan phreatik.

Mohamad Hendrasto selaku Ketua Badan Pengamat Vulkanologi dan Mitigasi Gempa di Gunung Tangkuban Parahu tegaskan bila pagi tadi hari Sabtu tanggal 5 Oktober 2013 telah terjadi gempa sebanyak dua kali dengan kekuatan sedang. Hasil itu sempat membuat warga sekitar Gunung Tangkuban Parahu menjadi panik akan kegiatan keseharian mereka. 

Walau gempa tersebut tidak membuat dampak serius dengan kehancuran sebuah rumah atau lahan tertentu Mohamad Hendrasto berikan penjelasan jika 1,5 kilometer dari pusat gempa  di puncak Gunung Tangkuban Parahu harus waspada untuk antisipasi ketampat yang lebih aman. 

Selain itu tempat wisata Kawah Ratu di area Gunung Tangkuban Parahu juga sudah di tutup sejak kemarin. Kondisi itu juga menjadikan sebagian besar pedagang kaki lima sepanjang area Kawah Ratu juga sudah mulai meninggalkan tempat jualan. Itu akibatkan perekonomian warga sekitar terhambat sampai kondisi normal dari Gunung Tangkuban Parahu.

sumber image : kompas.com

0 komentar: