Minggu, 06 Oktober 2013


Warta Bola | Portal Berita Terpercaya 

Warga asli pulau Lombok mulai menawarkan kreatifitas mereka dengan berbagai kerajinan salah satunya adalah songket. Kain songket khas Lombok ini memang sangat unik berbeda dengan kain songket dari daerah lainhya di Indonesia. Pulau Lombok kini yang tengah menjadi tujuan kain tenun songket Desa Sukarara di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Ini juga termasuk industri UKM yang sangat boleh tersentuh perkembangan keuangan dari pemerintah setempat.

Untuk berkunjung sejenak menikmati kondisi dari wisata tenun songket khas lombok ini memang pengunjung dari luar kota Lombok harus menempuk jarak sekirar 21 kilometer dari pusat kotalombok. Kebanyakan memang pekerja dari tenun songket lombok ini adalah perempuan paruh baya. Sudah banyak tenun songket khas Lombok ini yang menjadi tujuan dari impor kain tenun untuk beberapa  butik lokal dan internasional.

Kisaran penjualan untuk satu helai kain songket khas lombok dapat terjual hingga 4 juta rupiah. Namun ada juga yang paling murah hingga 50 ribu saja. Sebab pengerjaan dengan tingkat kesulitan berbeda menjadikan harga satu jenis kain songket khas lombok sangat bervariasi. Satu helai memiliki panjang sekitar 200 cm dan lebar sepanjang 60 cm. 

Satu helai kain songket khas lombok ini sudah dapat gunakan untuk membuat tas, selempang atau baju yang memiliki nilai tinggi jika sudah menjadi barang jadi. Bahkan salah satu toko menjual baju dengan bahan kain songket khas lombok bisa mencapai 6 juta rupiah.



0 komentar: