Sabtu, 05 Oktober 2013

 Image Upload

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Tabanan Bali merupakan salah satu objek wisata yang sangat bagus sering menjadi tujuan turis lokal dan manca negara. Itu terletak kawasan desa Jatiluwih Kecamatan Penebel , Tabanan Bali. Kawasan itu juga menjadi salah satu aset besar bagi sumber pendapatan Indonesia dan pemerintah setempat kerena pesona keindahan dari perbukutan serta lereng persawahan.
Hasil itu juga berdampak bagus terhadap perekonomian warga sekitar yang setiap karena adanya turis berkunjung. Beberapa warga juga manfaatkan sebagian lahan untuk membuka warung makan dengan sajian khas Bali. Walau tidak bernuansa mewah seperti restoran atau cafe, dengan pemandangan keindahan lereng persawahan menambah cita rasa pengunjung yang mampir.

Salah satu warga yang sajikan warung makan adalah I Nyoman Sutama. Sebagai sumber bahan olahan Sutama katakan semua berasal dari lahan persawahan dan ladang sekitar tempat wisata. Beras yang gunakan juga hasil dari panen sendiri sangat terjamin kualitas karena padi gunakan sistem organik bebas senyawa kimia.

Tempat tersebut lebuh kenal dengan nama Subak bagi turis dan warga sekitar. Namun kendala warga sekitar jelang musim kemarau yang berkepanjangan sudah terasa akibat pembangunan beberapa fasilitas seperti Hotel, Villa dan pemandian yang gunakan air tanah secara berlebihan.

Namun beberapa masalah seperti pajak tanah yang sangat tinggi membuat warga sekitar Subak keluhkan hasil itu. Sebab hanya oknum tertentu yang dapat hasil lebih besar dari pusat wisata di Tabanan Bali tersebut jelas I Nengah Warta sebagai mantan Kades di Subak.

sumber : kompas.com

0 komentar: