Sabtu, 05 Oktober 2013

 Image Upload

Warta Bola | Portal Berita Terpercaya

Asam Urat memang salah satu penyakit yang kebanyakan terjadi karena salah salam pola makan. Itu menjadikan kondisi tubuh alami ketidak seimbangan dalam asupan nutrisi yang membuat sendi - sendi tulang menjadi kaku dan sudah bergerak. Hasil itu menjadikan penderita Asam Urat harus perhatikan beberapa makanan sehat sebagai berikut.

Sebisa mungkin jangan sampai mencoba memakan makanan atau minum dengan kandungan tinggi purin  seperti terdapat daging sapi, jerohan yang berupa hati, ampela, usus dan sebagainya , roti atau biskuit dengan kadar manistinggi , daging ayam, bebek, itik, angsa, daging kambing,makanan sari lakut seperti  udang,  teri, hering, makarel, sarden. Dengan kadar lebih dari (sekitar 100-1000 mg purin/100 g bahan makanan).

Konsumsi makanan dengan kandungan purin sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) itu terdapat pada jamur, asparagus, kembang kol, lentils, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan misal kurma, kismis, murbei.

Boleh makan makanan dengan kandungan rendah purin seperti buah-buahan dan sayuran segar, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, coklat dengan batas kewajaran dalam sehari untuk mendukung asupan nutrisi bagi tubuh.

Jangan konsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi seperti mentega, margarin,omega 6 pilihlah dengan kadar lemak sehat seperti omega 3. Itu sebabkan penimbunan kadar Asam Urat tinggi. Jangan minum yang mengandung alkohol seperti Bir, Anggur Merah, Arak serta Tape dan Air Tape . Yang penting minum banyak air putih delapan gelas minimal setiap hari serta lakukan olahraga minimal 30 menittiga kali dalam satu minggu.

sumber : health.kompas.com

0 komentar: